Kompetensi Mahasiswa
Kompetensi Utama Mahasiswa :
- Menguasai konsep teori bidang akuntansi khususnya akuntansi perpajakan serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
- Mampu mengaplikasikan bidang keahlian akuntansi khususnya akuntansi perpajakan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam penyelesaian masalah.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data dan riset informasi akuntansi, dan mampu memberikan berbagai alternatif penyelesaian di bidang akuntansi khususnya akuntansi perpajakan.
- Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi bidang akuntansi khususnya perpajakan. e) Mampu menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangansecara terkomputerisasi.
- Mampu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang akuntansi khususnya perpajakan.
- Mampu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang akuntansi khususnya perpajakan.
Kompetensi Pendukung :
- memanfaatkan teknologi informasi secara tepat guna.
- Mampu memahami aspek hukum dan lingkungan bisnis.
- Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa inggris, baik secara lisan maupun tulisan.
- Mampu memanfaatkan teknologi informasi secara tepat guna.
Kompetensi lainnya/pilihan :
Mampu menyesuaikan diri dalam situasi yang berubah secara cepat dan berkompetisi secara sehat dalam lingkungan global. Capaian Pembelajaran (CPL) dirumuskan berdasarkan hasil dari evaluasi kurikulum. Capaian Pembelajaran telah memuat kemapuan yang diperlukan dalam era industry 4,0 tentang literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan serta kemampuan memandang tanda-tanda perkembangan ilmu akuntansi. Rumusan CPL PS Akuntansi mengacu pada SN-DIKTI dan descriptor KKNI sesuai dengan jenjang Pendidikannya. CPL Prodi Akuntansi telah sesuai dengan vis, misi, dan keunikan khusus dari PS Akuntansi.
Perancangan pembelajaran secara sistematis dilakukan prodi akuntansi agar menghasilkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) beserta perangkat pembelajaran yang lainnya, di antaranya instrumen penilaian, rencana tugas, bahan ajar, dan lain-lain yang dapat dijalankan dalam proses pembelajaran secara efisien dan efektif.